Chat online dapat merujuk kepada segala jenis komunikasi
melalui Internet yang menawarkan transmisi real-time dari pesan teks dari
pengirim ke penerima. Pesan chat umumnya pendek untuk memungkinkan peserta lain
untuk merespon dengan cepat. Dengan demikian, perasaan yang sama untuk
percakapan yang diucapkan dibuat, yang membedakan mengobrol dari bentuk-bentuk
komunikasi online berbasis teks lainnya seperti forum-forum internet dan email.
Chat online dapat mengatasi point-to-point komunikasi serta komunikasi multicast
dari satu pengirim ke banyak penerima dan suara dan video chat, atau mungkin
fitur layanan web conferencing.
Chat online dalam definisi kurang ketat mungkin terutama
setiap langsung berbasis teks atau berbasis video (webcam), satu-satu chatting
atau satu-ke-banyak grup obrolan (secara resmi juga dikenal sebagai konferensi
sinkron), menggunakan alat-alat seperti instant messenger, Internet Relay Chat
(IRC), pembicara dan mungkin MUD. Ekspresi chat online berasal dari obrolan
kata yang berarti "percakapan informal yang". Chat online termasuk
aplikasi berbasis web yang memungkinkan komunikasi - sering langsung ditangani,
tetapi anonim antara pengguna dalam lingkungan multi-user. Web conferencing
adalah layanan online yang lebih spesifik, yang sering dijual sebagai layanan,
host pada web server yang dikendalikan oleh vendor.
Sejarah
Pertama sistem chat online disebut Talkomatic, dibuat
oleh Doug Brown dan David R. Woolley tahun 1973 tentang Sistem PLATO di
University of Illinois. Ini menawarkan beberapa saluran, yang masing-masing
bisa menampung hingga lima orang, dengan pesan yang muncul pada layar semua
pengguna 'oleh karakter-karakter seperti mereka diketik. Talkomatic sangat
populer di kalangan pengguna PLATO ke pertengahan 1980-an. Pada tahun 2014
Brown dan Woolley merilis versi berbasis web dari Talkomatic.
Yang pertama didedikasikan chat online layanan yang banyak
tersedia untuk umum adalah CompuServe CB Simulator pada tahun 1980, [1] [2]
dibuat oleh CompuServe eksekutif Alexander "Sandy" Trevor di
Columbus, Ohio. Leluhur termasuk jaringan chat software seperti UNIX
"bicara" yang digunakan pada 1970-an.
Chatiquette
Istilah chatiquette (chatting etiket) adalah variasi dari
netiket (Internet etiket) dan menjelaskan aturan dasar komunikasi online. [3]
[4] [5] konvensi ini atau pedoman telah dibuat untuk menghindari kesalahpahaman
dan untuk menyederhanakan komunikasi antara pengguna . Chatiquette bervariasi
dari masyarakat untuk masyarakat dan umumnya menggambarkan dasar kesopanan.
Sebagai contoh, itu dianggap sopan untuk menulis hanya dalam huruf besar,
karena tampak seolah-olah pengguna berteriak.
Kata chatiquette telah digunakan sehubungan dengan
berbagai sistem chatting (misalnya Internet Relay Chat) sejak tahun 1995.
Chatting adalah sumber berharga dari berbagai jenis
informasi, pengolahan otomatis yang merupakan objek dari teknologi pertambangan
chatting / teks.
kritik sosial
Kritik chatting online dan pesan teks termasuk
kekhawatiran bahwa mereka mengganti bahasa Inggris yang tepat dengan singkatan
atau dengan bahasa hybrid hampir sepenuhnya baru.
Menulis berubah yang dibutuhkan pada beberapa fungsi dan
fitur pidato. Internet chat room dan cepat real-time telekonferensi
memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan siapa pun terjadi untuk hidup
berdampingan di dunia maya. Interaksi maya melibatkan kita dalam 'berbicara'
lebih bebas dan lebih luas dari sebelumnya. Dengan chatroom menggantikan banyak
percakapan tatap muka itu perlu untuk dapat memiliki percakapan cepat
seolah-olah orang yang hadir, begitu banyak orang belajar mengetik secepat
mereka biasanya akan berbicara. Kritik waspada bahwa bentuk kasual ini pidato
yang digunakan begitu banyak sehingga perlahan-lahan akan mengambil alih tata
bahasa umum; Namun, perubahan tersebut belum terlihat.
Dengan meningkatnya populasi ngobrol online telah terjadi
pertumbuhan besar kata-kata baru yang diciptakan atau kata-kata gaul, banyak
dari mereka didokumentasikan di situs Urban Dictionary. Sven Birkerts menulis:
"sebagai
mode elektronik baru komunikasi memprovokasi kecemasan serupa di antara
kritikus yang mengungkapkan kekhawatiran bahwa orang-orang muda yang berisiko,
terancam oleh pasang naik informasi di mana kontrol tradisional media cetak dan
wali pengetahuan tidak memiliki kontrol di atasnya".
Di Guy Merchant artikel jurnal Remaja di Cyberspace:
Sebuah Investigasi Bahasa Penggunaan dan Bahasa Perubahan Internet Chatrooms;
Merchant mengatakan
"bahwa
remaja dan orang muda dalam gerakan terkemuka perubahan saat mereka mengambil
keuntungan dari kemungkinan teknologi digital, secara drastis mengubah wajah
keaksaraan dalam berbagai media melalui penggunaan mereka pesan teks ponsel,
e-mail, web -pages dan on-line chatroom. keaksaraan baru ini mengembangkan
keterampilan yang mungkin penting untuk pasar tenaga kerja, tetapi saat ini
dipandang dengan kecurigaan di media dan oleh pendidik.
Merchant juga mengatakan "Orang muda cenderung lebih
mudah beradaptasi daripada sektor-sektor lain dalam masyarakat dan, pada
umumnya, lebih cepat untuk beradaptasi dengan teknologi baru. Sampai batas
tertentu mereka adalah inovator, kekuatan perubahan lanskap komunikasi
baru." Dalam artikel ini ia mengatakan bahwa orang-orang muda hanya
beradaptasi dengan apa yang mereka diberikan.
Software dan protokol
Berikut ini adalah program chatting umum dan protokol:
Apple Messages
AOL Instant
Messenger (AIM)
Camfrog
Campfire
Gadu-Gadu
Google Talk
I2P-Messenger
(anonymous, end-to-end encrypted im for the I2P network)
ICQ (OSCAR)
Internet Relay
Chat (IRC)
MUD
Paltalk
RetroShare
(encrypted)
QQ
SILC
Skype
Talk
Talker
TeamSpeak (TS)
WebChat
Broadcasting System (WBS)
WhatsApp
Windows Live
Messenger
XMPP
Yahoo!
Messenger No longer available
Adium
Google+
Hangouts
IMVU
Kopete
IBM Sametime
Miranda IM
Pidgin
Quiet Internet
Pager
Trillian
Windows Live
Messenger
Chat Hour
Cryptocat
Convore No
longer available
eBuddy
Facebook
FilmOn
Gmail
Google+
Hall.com
MeBeam
Meebo No longer
available
Mibbit
Omegle
Talkomatic
Tokbox No
longer available
Tinychat
Trillian
Userplane
Vinnect
Woo Media No
longer available
Wireclub
Zumbl
Sumber :
"CompuServe Innovator Resigns After 25 Years",
The Columbus Dispatch, 11 May 1996, p. 2F.
Mike Pramik, "Wired and Inspired", The Columbus
Dispatch, (Business page), 12 November 2000.
"IRC Chatiquette – Chat Etiquette".
Livinginternet.com. 1995-11-28. Retrieved 2012-01-19.
"UITS - Instant Messaging Chatiquette - University
of Arkansas". Uits.uark.edu. Retrieved 2012-01-19.
Using the Internet for Active Teaching and Learning,
Steven C. Mills ISBN 0-13-110546-9
"Electronic Discourse - On Speech and Writing on the
Internet - 3. Internet Relay Chat Discourse". Epubl.luth.se. Retrieved
2012-01-19.
CNET reviews - comparative reviews - chat clients -
chatiquette The Internet Archive
Michael Herman (2006-10-17). "Chat room user guilty
of web rage". The Times (London). Retrieved 2010-05-20.
Regina Lynn (2007-05-04). "Virtual Rape Is
Traumatic, but Is It a Crime?". Wired.
"Texor". Yatsko's Computational Linguistics
Laboratory. Retrieved 2013-06-29.
Zimmer, Ben. Language Log: Shattering the illusions of
texting, University of Pennsylvania, September 18, 2008.
Liberman, Mark. Language Log: Texting and language
skills, University of Pennsylvania, August 2, 2012.
Zwicky, Arnold. Language Log: The decline of writing in
Dingburg, University of Pennsylvania. September 19, 2008.
Merchant, Guy . "Teenagers in cyberspace: an
investigation of language use and language change in internet chatrooms."
Journal of Research in Reading. 2001, Vol. 24, Iss. 3, ISSN 0141-0423.
Topping, Alexandra (2009-06-10). "'Web 2.0' declared
millionth word in English language". The Guardian.
Birkerts, S. "Sense and semblence: The implications
of virtuality." In B. Cox (Ed.), Literacy is not enough. Manchester:
Manchester University Press. 1998
Tidak ada komentar:
Posting Komentar